Mengatasi Perut Kembung dan Mual Saat Berpuasa

Ketika saat menjalankan puasa, pola makan akan berubah dari biasa nya. Jangan heran, bila masalah pencernaan pun bersatangan saat menjalani puasa. Sebenarnya, masalah pencernaan ini timbul sebab asupan makanan serta kebiasaan makan tidak tepat saat sahur. Akibat nya, perut terasa mual serta kembung saat menjalankan puasa.

Untuk mengatasi perut mual serta kembung, anda pun harus bisa mengatur pola makan diwaktu sahur serta berbuka.

 Berikut ini beberapa tips bisa anda lakukan mengatasi masalah perut mual serta kembung, supaya ibadah puasa berjalan lancar.

1. Batasi makanan tertentu


Supaya mencegah rasa mual pada saat anda berpuasa, sebaiknya perbanyak konsumsi pisang, nasi, saus apel (applesauce), serta roti panggang pada sahur dan berbuka. Jenis makanan tersebut dipilih karna mudah dicerna.

2. Pastikan terhidrasi


Pastikan tubuh anda terhidrasi secara baik sebelum melakukan puasa. Perbanyak juga minum air putih serta kaldu bening pada waktu sahur agar terhindar dari dehidrasi. Meski begitu, disarankan tidak terlalu banyak memberi cairan agar perut tak mengalami perenggangan. Jumlah cairan bisa ditolerir bagi perut ialah 30 - 60 ml setiap 10 - 15 menit.

3. Lakukanlah teknik pernapasan secara baik


Menurut penelitian dilakukan oleh Universitas Missouri di Kansas City, melakukan latihan pernapasan sangat membantu seseorang sering mengalami rasa mual. Caranya pun sebagai berikut :

- Tidur telentang, letakkan bantal di bawah dengkul serta leher supaya nyaman.
- Letakkan kedua tangan di atas perut tepat di bawah tulang rusuk dan jari saling terkunci. Cara ini akan tahu bahwa praktik pernapasan sudah benar.
- Ambil napas sedalam - dalamnya lalu keluarkan dengan pelan. Gunakan diafragma anda, bukan tulang rusuk.
- Diafragma menciptakan sedotan udara lebih kuat dibandingkan tulang rusuk.

Bagi anda saat sedang mengalami mual serta kembung atau mencegah pada saat puasa, sebaiknya hal ini bisa dijadikan acuan agar ibadah puasa kita berjalan dengan lancar. Sekian semoga bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Masukkan Komentar di bawah