Cara Membuat Pohon Pepaya Pendek Berbuah Lebat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Pepaya.
Seringnya, pada pohon pepaya yang akan mulai berbuah disaat ketika tanaman meninggi, hal ini tentu saja merepotkan atau menyulitkan kita untuk memetik nya. Ibarat mah "Mau dipanjat takut nya rubuh, mau pakai galah pun takut pepaya nya malah hancur pas jatuh ke tanah". Bisakah tanaman pepaya dibuat pendek supaya mudah dipetik dan tentu tetap berbuah? Jawaban nya bisa kok.


Tanaman pepaya yang pendek namun memiliki buah lebat, batang tanaman yang kokoh serta tidak mudah roboh merupakan dambaan bagi para petani. Dengan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini, semua itu bisa dimungkinkan.

1. Menyiapkan bibit yang baik, Sebelumnya tentu kita harus mempersiapkan bibit cukup bagus agar tanaman kita mampu berbuah dengan maksimal. Tanaman pepaya biasa diperbanyak oleh biji, maka sebaiknya pilih benih pepaya syarat nya seperti berikut ini :
• Diambil dari buah yang telah masak penuh di pohon
• Dari tanaman induk bebas dari hama dan juga penyakit
• Produksi tinggi serta kualitas buahnya baik
• Ukuran biji harus seragam
• Biji diambil dari buah bagian ujung.
2. Bibit yang telah siap tanam diambil dari kantong plastik dengan merobek kantong plastik. Usahakan tanah di dalam kantong plastik tetap menempel di akar bibit tersebut. Hal ini dimaksud supaya tak terjadi stagnasi pertumbuhan tanaman, yaitu tanaman berhenti tumbuh beberapa waktu dikarenakan harus beradaptasi oleh tanah baru. Sebelum penanaman sebaik nya dilakukan seleksi bibit. Bibit yang pertumbuhannya kurang baik, bengkok, dan hama penyakit sebaiknya tidak perlu ditanam.
3. Setelah bibit pepaya telah kita tanam sudah berusia berkisar 1 bulan ataupun ketinggian telah 40 - 50 cm, potong pupus nya agar tumbuh beberapa tunas di batang bawah.
4. Tunggu sampai 10 hari tunas baru akan bermuculan. Setelah itu, batang pohon pepaya dipotong lagi sekitar 15 cm dari tanah ataupun dari tunas ke-3 bisa juga ke-5. Agar bekas potongan tidak membusuk sebaiknya dibungkus dengan plastik.
5. Seminggu setelah itu mulai dilakukan seleksi tunas. Sisakan satu saja paling bagus.
6. Lalu yang terakhir lakukan lah perawatan terhadap tanaman pohon pepaya sebagaimana mestinya. Insya Allah, beberapa bulan ke depan bunga bakal buah pun akan lebat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments

Masukkan Komentar di bawah