Belajar Bisnis Bimbel Pengusaha Muda

Hamzah izzulhaq adalah salah satu pengusaha muda Indonesia yang kini banyak diperbincangkan. pemuda kelahiran 26 april 1993 ini merupakan seorang pembisnis sukses dibidang pendidikan. Kini dia telah memiliki 44 cabang bimbingan belajar dan sebuah bisnis safabed yang berlokasi di Tangerang.
Hamzah mungkin memang telah terlahir sebagai seorang pengusaha, bakat bisnisnya telah terlihat sejak dia kecil. Sewaktu bersekolah dia telah berjualan aneka permainan anak-anak dan petasan, dia juga pernah berjualan koran, layanan ojek payung, dan mengamen. Hamzah sendiri mulai serius turun kedunia bisnis pada usianya yang ke 18. bisnis pertamanya sendiri adalah berjualan pulsa dan buku sekolah, namun bisnis ini hanya dapat bertahan hingga 3 bulan dan penyebab keruntuhan bisnisnya adalah karena rekan bisnisnya sering memakai modal bisnis dan pulsa tanpa bayar. 
Hamzah sempat down saat keruntuhan bisnisnya, tapi kembali bangkit setelah membaca buku-buku tentang bisnis. Kemudian Hamzah mencoba peruntungan lain. Dia membeli mesin pembuat pin dari sisa untung penjualan pulsa nya. Namun, usahanya gagal kembali karena dia tidak mengerti menggunakan mesin tersebut.
Mata Hamzah kembali terbuka setelah mengikuti seminar usaha Bimbel pada tahun 2004 lalu. Dari seminar tersebut dia bertekat untuk membuka bisnis bimbel. Usahanya diawali dengan meminjam modal dari ayahnya sebesar Rp.70 juta yang merupakan seorang dosen Universitas Gunadarma.
Hal pertama yang dilakukannya adala menghubungi pemateri seminar Bimbel tersebut. Dia belajar serius mengenai marketing, keuangan dan prospek. Lalu dia membeli franchise bimbel seharga Rp.175 juta dan dari bisnis ini lah dia menghasilkan peruntungan. Selulusnya dia dari SMA dia telah memegang 3 lisensi franchise, jumlah siswah 200 orang lebih, omzet 360 juta per semester dan untung bersih 180 juta per semester.
Saat ini, dia telah berhasil mengembangkan usaha bimbelnya sebanyak 44 cabang. Keuntungan yang didapat hingga Rp.730 Juta pertahun. Kini, Hamzah juga telah membuka bisnis sofabed dari mengambil usaha orang lain. Ada empat pelajaran dari Hamzah yakni, bergabung dalam komunitas pengusaha, jangan membangun merek dan sistem dari nol, sedikit teori langsung beraksi, dan perbaiki hubungan dengan Tuhan dan orang tua.

Komentar

Posting Komentar

Mari terus membaca untuk generasi yang lebih hebat...


Yakusu...
(Yakin Usaha Sukses)