Karakter Menjadi Seorang Wirausaha

Salah satu karakter utama seorang wirausaha adalah persahabatan yang kental dengan ketidak pastian (uncertainty). Tentu berbeda denga mereka yang memilih untuk memiliki profesi sebagai pekerja, manajer, profesional executive dan PNS, maka wirausaha hidup penuh dengan ketidak pastian setiap hari yang dijalaninya.

Untuk menghindari ketidak pastian itu banyak para sarjana terdahulu yang memilih bekerja sebagai pegawai yang kelak menjadi manager. Walau gaji kecil namun tidak masalah bagi mereka yang penting dapat diperoleh secara rutin tiap bulannya dan tiap tanggal yang sama dengan penghasilan tetap. Setiap tahun mereka mendapat kenaikan jabatan, dapat pindah kerja, posisi menaik lebih baik dan menjadi pimpinan dan didukung tunjangan yang besar dan semua itu sudah pasti diperoleh tiap bulannya tanpa ada keraguan lagi mengenai kebutuhan di hari esok.

Lalu bagaimana denga WiraUsaha?
Keadaannya berbalik  180 derajat. Tidak ada kepastian pengahasilan tetap(kecuali bila usaha yang dijalani telah stabil), semua fasilitas usaha harus dibayar dari uang sendiri. Bahkan tahap awal menjadi wirausaha haruslah membangun usaha dengan banyak kesulitan, belum mempunyai keahlian memadahi apa lagi kepercayaan. Semua hal itu haruslah dibangun secara bertahap secara perlahan dan tentu saja diawali dengan tantangan. Tentu kita memikirkan sunggu berat bukan menjadi seorang wirausaha, yah memang itulah tahap perjuangan awalnya.

Saudara tau atau tidak, bagi seorang wirausaha kesulitan bukanlah akhir dari langkahnya bahkan itu adalah awal dari jalannya. Falsafah yang selalu dipegang wirausaha adalah : Pemenang tak pernah menyerah. Sebab dikepala para wirausaha selalu terbayang sasaran-sasaran akhir dari yang mereka kerjakan yang akan menghasilkan suatu yang indah. Pikiran seorang wirausaha bukanlah pada satu hari saja, namun pemikiran mereka adalah "keadaan di suatu hari nanti".

Karena itulah banyak orang-orang yang tidak berani bersahabat dengan ketidak pastian itu, padahal sesungguhnya selama ini kita hidup selalu dalam ketidak pastian, coba anda pikirkan hal sederhana apa yang ada didekat anda saat ini yang membuat anda ragu dan merasa tidak pasti. seperti dapat kita ingat saat hari-hari baru di masa revormasi Indonesia yang penuh dengan ketidak pastian dan juga diseluruh dunia saat pasca perang dingin adalah suatu ketidak pastian pula mengenai kehidupan. Dunia telah berubah menjadi sangat kompleks, alam pun telah berubah total, demikian dengan hubungan antar manusia yang terus semakin berubah, teknologi serta persaingan lainnya. Semua berubah begitu cepat dari yang kita bayangkan, dan yang mampu mengatasi semua hal itu hanyalah orang-orang yang berani bersahabat terhadap ketidakpastian itu sendiri. Mereka yang bersahabat akan sangat mengenal ketidakpastian tersebut dan mampu menilai serta mengambil manfaat besar darinya.

Maka itulah yang disebut wirausaha.

Jadi apakah anda semua telah siap dan berani untuk bersahabat dengan ketidak pastian tersebut. Apakah anda sudah menjatuhkan pilihan menjadi seorang wirausaha, pikirkan dan renungkan dan beranilah mengambil pilihan terbesar dalam hidup anda serta ubahlah Pola pikir anda.
Karena jika anda ingin memperbaiki hidup anda menjadi sedikit lebih baik maka ubahlah perilaku anda, namun jika anda ingin mendapatkan perubahan besar dalam hidup anda maka rubahlah Pola Pikir Anda.

Salam Sukses calon wirausaha berkembang.
Yakusu(YAKin Usaha SUkses)

Komentar