7 Karakter Dasar Calon Seorang Wirausaha


Entrepreneurial Mindset

Pada artikel berikut ini, saya akan memperkenalkan Karakter dasar seorang wirausaha menurut McGraith & Mac Millan (2000) yang di uraikan oleh Sumber ajaran dan dari sumber lainnya.
Ada 7 Karakter dasar yang harus dimiliki seorang calon wirausaha agar dapat sukses. Ketujuh karakter tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Action oriented yang artinya bukan tipe penunda, wait and see atau membiarkan sesuatu(kesempatan) berlalu begitu saja, dia tidak akan menunggu sampai semua jelas terlebih dahulu melainkan mereka adalah orang yang ingin langsung segera bertindak sekalipun dalam situasi yang tidak pasti. Prinsip yang dianut wirausaha adalah see and do. Bagi seorang wirausaha resiko bukanlah untuk dihindari namun untuk dihadapi.
  2.  Berpikir simple. Dalam artian sekalipun dunia telah berubah menjadi sangat konpleks maka seorang wirausaha akan selalu belajar untuk menyederhanakannya. Para wirausahawan melihat setiap persoalan dengan jernih sehingga terhindar dari kepanikan dan menyelesaikan masalah secara bertahap satu per satu.
  3. Mencari Peluang Baru. Seorang wirausaha selalu mencari sesuatu hal yang baru, apakah itu peluang usaha yang benar-baru atau pun peluang usaha dari usaha yang sama namun dengan konsep yang baru.  Untuk suatu usaha yang baru mereka akan selalu belajar hal-hal yang baru dan menambah jaringan serta landscape atau cope usahanya. Sedangkan yang melakukan usah yang sama mereka selalu tekun mencari suatu alternatif baru untuk mendukung usahanya dengan konsep-konsep yang baru. Mereka mencari keuntungan bukanlah hanya dari bisnis atau produk melainkan juga melalui cara-cara baru.
  4. Mengejar Peluang Dengan Disiplin Tinggi. Seorang wirausaha itu tidaklah hanya waspada namun juga memiliki mata yang tajam dalam melihat peluang dan merekapun segera bergerak kearah itu. Peluang itu sendiri bukanlah hanya dicari karena peluang tak selalu datang dengan sendirinya, namun peluang itu juga diciptakan, dibuka dan diperjelas. Dikarenakan wirausaha itu melakukan investasi serta menanggung sendiri resikonya, maka seorang wirausaha harus memiliki disiplin yang tinggi, karena wirausaha yang sukses bukanlah seorang pemalas dan penunda pekerjaannya. Mereka selalu ingin semuanya jelas dan beres dan yang dipikirkannya dapat dijalankan segera.
  5. Hanya Mengambil Peluang Yang Terbaik. Berbeda dari pemula yang belum terlatih seorang wirausaha yang terlatih mampu dengan cepat membaca suatu peluang, dan hanya akan mengambil peluang yang terbaik. Jadi seorang wirausaha tidaklah asal mengambil suatu peluang, namun mereka harus telah mengerti peluang itu sendir untuk mendukungnya. Semua itu biasanya dikaitkan dengan "rasa suka" terhadap objek atau kepercaan bahwa dia mampu merealisasikannya.
          Pada akirnya, sukses yang diraih setiap orang ditentukan oleh keberhasilan orang itu dalam memilihnya.

                                               SUKSES = f(choice)
 Succes adalah Fungsi dari keberhasilan memilih. Baik itu kita memilih sekolah, bidang usaha, teman, pasangan, karyawan, mitra usaha, dan yang lainnya, semua merupakan pendukung kesukses itu sendiri.

     6.  Fokus Pada Eksekusi. Wirausaha bukanlah seorang yang hanya bergelut dengan pikiran, merenung, atau menguji hipotesis. melainkan seorang yang fokus pada pengaplikasian. Mereka tidak mau berhenti pada eksploitasi pemikiran atau berputar-putar dalam keraguan. "Manusia denga Entrepreneurial Mindset mengeksekusi, yaitu melakukan tindakan dan merealisasikan apa yang dipikirkan dari pada menganalisis ide-ide baru sampai mati(McGraith dan Mac Millan,2000).

     7.   Memfokuskan Energi Setiap Orang Pada bisnis Yang Digeluti. Seorang wirausaha tidak bekerja  sendirian namun dia menggunakan tangan dan pikiran banyak orang juga baik dari dalam maupun luar perusahaan. Mereka lebih membangun jaringan dari pada membangun usahanya sendirian, karena jaringan merupakan hal yang penting guna mendukung usaha kita. Seperti contohnya saja, saat kita memilik produk suplemen kesehatan kita mungkin bingung memasarkan saat kita tidak ada kenalan dan terpaksa harus mengeluarkan biaya lebih saat modal kita sangat terbatas, namun saat kita memiliki kenalan di sebuah supermarket ataupun apotik maka kita akan memiliki tujuan pertama kita sebagai tempat memasarkan dan teman kita itupun tidak akan ragu untuk menerimanya. Itulah sedikit contohnya.

Itulah karakter dasar yang disebut sebagai entrepreneurial mindset yang sangat berguna untuk mendukung kemajuan seorang wirausahawan menjadi entrepreneur.
Kiranya informasi diatas dapat membantu teman-teman calon wirausaha sekalian dan janganlah enggan untuk saling sharing dengan berkomentar dibawah ini.
Terimakasih.

Komentar

  1. Wah keren nih artikelnya, makasih ya udah sharing disini :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Mari terus membaca untuk generasi yang lebih hebat...


Yakusu...
(Yakin Usaha Sukses)