Para Saksi Suap Daging Impor Hari ini Diperiksa

Juru bicara KPK, Johan Budi S.P menyatakan akan melakukan pemeriksaan terhadap para saksi kasus suap izin impor daging sapi di Kementrian Pertanian pada hari ini senin 4 Februari 2013, namun nama-nama yang akan diperiksa belum didapatkan ungkap Johan, ahad pada 3 Februari kemarin.


Johan juga belum memastikan penyidik bakal memeriksa Menteri Pertanian Suswono dalam kasus suap yang melibatkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Luthfi Hasan Ishaaq tersebut. "Belum ada rencana memanggil Menteri Pertanian," kata Johan.

KPK menjadikan Luthfi sebagai tersangka kasus suap setelah operasi tangkap tangan terhadap Ahmad Fathanah di Hotel Le Meridien pada Selasa malam lalu. Ahmad, yang diduga sebagai pengatur duit masuk-keluar untuk Luthfi, ditangkap karena menerima suap Rp 1 miliar dari Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi—keduanya petinggi PT Indoguna Utama, perusahaan impor daging sapi. Ahmad dan kedua bos PT Indoguna tersebut pun dijadikan tersangka.

Komisi mengendus ada dugaan keterlibatan Suswono. Sebelum penangkapan, ada percakapan antara Suswono dan Luthfi. Dalam percakapan itu, Suswono memberitahukan akan ada duit "tanda terima kasih" dari Indoguna.

Luthfi membantah terlibat dalam kasus suap tersebut. Suswono pun membantahnya. "Tidak pernah, saya bekerja profesional. Silakan saja tanya pada dirjen-dirjen di sini," kata dia. Lihat heboh dan panasnya suap daging sapi impor.

Komentar