Universitas Jambi Dirikan Lima Fakultas Baru

JAMBI, Sumberajaran.blogspot.com - Rektor Universitas Jambi, Aulia Tasman, mengatakan pihaknya telah menerima persetujuan dari Kemendikbud dalam pendirian lima fakultas dan penambahan 21 program studi di kampus itu.
Lima fakultas itu adalah Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
"Ada lima fakultas dan 21 program studi yang disetujui oleh kementrian. Namun yang benar-benar baru, termasuk keberadaan sumber daya manusianya sebaga tenaga pengajar (dosen) adalah Fakultas Pertambangan dan Geologi," kata Aulia, Selasa (8/1/2013).

Secara umum, Unja sudah memiliki 1.000 orang dosen, tapi kemungkinan ke depan, pihaknya masih butuh beberapa orang dosen lagi untuk bekerja di universitas itu, khususnya yang mengajar mata kuliah geologi dan pertambangan.

Namun, persiapan sumber daya manusia itu sebenarnya sudah dijamin oleh pemerintah pusat, dalam hal ini Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk soal mekanisme anggaran dan pembiayaan.
Pendirian Fakultas Pertambangan dan Geologi di Universitas Jambi sendiri, kata Aulia, telah melalui proses persetujuan oleh Kemedikbud dan bekerja sama dengan Institut Tehknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS).

"Jadi selain mekanisme pembiayaan dan anggaran, Kemendikbud juga sudah menjamin ketersediaan SDM. Soal dari mananya, itu akan diserahkan seluruhnya kepada Kemendikbud. Bisa jadi akan dihadirkan dari ITB dan ITS," katanya.

Ke lima fakultas ini efektif akan mulai berjalan pada tahun ajaran 2013-2014. Soal gedung dan sarana serta prasarana, pihaknya sudah menyiapkan jauh-jauh hari.

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan sangat bangga atas upaya dan usaha pihak Unja dalam memperjuangkan pendirian berbagai fakultas di kampus itu.
 
"Saya bangga dan berterima kasih dengan Rektor atas upaya pendirian fakultas baru ini. Kita bersyukur sekali dengan persetujuan ini. Dengan itu diharapkan orang Jambi lebih memilih kuliah di Univeristas Jambi dari pada di luar daerah," katanya.

Jambi memang sangat butuh dengan sumber daya manusia untuk membangun Jambi. Daerah ini memiliki sumber daya alam tambang yang sangat besat, batu bara dan minyak bumi. Tapi sampai saat ini, Jambi belum memiliki fakultas pertambangan atau lainnya.

Sumber :antaranews.com

Komentar