KELEMBABAN UDARA


KELEMBABAN UDARA


Judul                          : “Kelembaban Udara”

Tujuan                       : Untuk mempelajari alat pengukuran kelembaban udara.

Tempat dan Waktu   :
Tempat            : Lab.Agroklimatologi Universitas Negeri Jambi
Jam                  : 08.00 – 10.00 WIB
Tanggal           : Rabu 07 Desember 2010

Alat dan Bahan         :
Alat     :   - Psikrometer Standart
                                        - Termohygrograf
                                        - Psikrometer tipe sling
 Bahan :  - Air

Prinsip Teori              :

Dalam dunia pertanian, iklim sangat berpengaruh dalam tumbuh dan berkembangnya suatu tanaman sehingga dibutuhkan data-data yang lengkap dan akurat tentang iklim dan cuaca dari suatu wilayah . Beberapa anasir iklim yang penting adalah: temperatur, kelembaban udara, angin, sinar matahari, curah hujan dan evaporasi. Untuk mengukur nilai dari beberapa anasir iklim tersebut diperlukan suatu alat-alat pengukur meteorologis. Data-data yang lengkap dan akurat tersebut hanya bisa didapatkan dengan cara melakukan pengamatan langsung. Tentu saja dibantu dengan beberapa alat meteorologi yang mempunyai fungsi dan tugas tertentu.
 Dalam pelaksanaan pengambilan data dengan menggunakan alat khusus tentunya dibutuhkan suatu keahlian menggunakan alat gara data yang diambil lebih akurat dan valid. Alat-alat ini ditempatkan di suatu tempat tertentu yang memenuhi setiap persyaratan yang wajib dipenuhi dari alat-alat tersebut yang selanjutnya dapat kita istilahkan sebagai stasiun agroklimat.
Psikrometer standart merupakan alat pengukur kelembaban udara yang terdiri dari dua buah  thermometer air raksa yang dipasang berdampingan.Salah satu bola thermometer terbuka disebut thermometer bola kering dan yang lainnya bola thermometer dibungkus dengan kain kasa.Ujung dari kain kasa ini dimasukkan kedalam bejana yang diisi dengan air suling (aquades).Jarak antara bola thermometer dengan bejana yang berisi air suling kurang lebih 3 cm, sehingga bola dari thermometer ini disebut thermometer bola basah.
Thermometer bola kering akan menunjukkan suhu udara, sedangkan pada thermometer bola basah harus menguapkan air dulu.Oleh karena untuk menguapkan air tersebut dibutuhkan panas yang diserap dari bola basah sehingga suhu yang ditunjukkan oleh thermometer bola basah menjadi lebih rendah dari thermometer bola kering.Makin kering udara makin banyak panas yang diambil sehingga makin rendah pula suhu yang ditunjukkan oleh thermometer bola basah.
Termohigrograf merupakan kombinasi dari termograf dan higrograf yang menggunakan selembar pias dengan dua skala.Pada alat ini terdapat dua sensor yaitu sensor bimetal dan sensor rambut.Bimetal adalah gabungan dari dua macam logam yang berbeda koefisien muainya sehingga apabila terpanaskan akan berubah bentuk (melengkung).Salah satu ujung dari bimetal dijepit pada kerangka alat dan ujung yang lainnya dihubungkan dengan tangkai pena pencatat.Sensor rambut dapat digunakan rambut ekor kuda atau rambut manusia.Rambut ini akan memanjang dan memendek menurut kandungan air yang ada di udara.Sensor dihubungkan dengan tangkai pena pencatat yang menekan pada pena.Termohigrograf ini digunakan untuk mencatat suhu dan kelembaban secara kontinyu.

Prosedur Pengamatan:

            Pembacaan pada psikrometer standart dengan psikrometer tipe sling yaitu dengan membaca nilai suhu yang ditunjukkan oleh thermometer bola kering dan bola basah,kemudian hitung selisih suhu antara bola kering dan bola basah.Nilai selisih menghasilkan persentase kelembaban udara dengan bantuan table.
            Pembacaan kelembaban dan suhu pada Termohigrograf dilakukan pada kertas pias. Pada penggantian pias harus dicatat, tanggal di pasang dan diangkat beserta jamnya.Titik baca pada pias adalah perpotongan garis kurva dengan garis vertical (garis pembagi skala waktu) dan nilai suhu serta kelembaban dapat dilihat pada garis horizontal.

Hasil dan Pembahasan:
           


b).Pembahasan 
Dalam praktikum ini adalah pengenalan peralatan meteorologi pertanian di stasiun agroklimat dan juga dengan mengamati dan membuat sketsa alat- alat meteorologi pertanian beserta fungsi dari bagian-bagiannya. Tujuannya adalah agar praktikan mampu mengenal tata letak penempatan peralatan meteorologi pertanian dalam stasiun meteorologi, mengenal cara kerja masing-masing alat, serta mengenal cara pengamatan alat-alat tersebut.
Adapun alat-alat yang diamati antara lain Hair higrograf, Thermograf, Ombrometer otomatis dan manual, Termometer Maximim dan Minimum, Pan Evaporimeter, ,Bimetal Aktinograph, Cup Anemometer, Ombrometer Otomatis Tipe Jungkit, Termometer bola basah dan bola kering (psikometer), Termohigrograf.
Kombinasi dari higrograf dan termograf dalam satu alat disebut Termohigrograf. Alat ini digunakan untuk mengukur suhu dan kelembaban. pengukuran dilakukan selama 7 hari , bagian atas berguna untuk mengukur suhu, sedangkan bagian bawah untuk mengukur kelembaban udara. Alat ini menggunakan seberkas rambut yang peka sebagai sensor. Rambut akan memanjang bila sel–selnya terisi dengan air , begitu pula sebaliknya jika jumlah uap air berkurang rambut akan menyusut. Alat ini diletakkan dalam sangkar meteorologi . Pias dipasang selama satu minggu . Pias diletakkan pada silinder yang berputar. Pengamatan dilakukam pada pukul 07.00 , 13.00, dan 18.00 waktu setempat. Pembacaan nilai suhu dan kelembaban dapat dibaca pada pias dengan skala yang berbeda antara suhu dan kelembaban.

Thermometer Bola Basah-Bola Kering
Thermometer Bola Kering merupakan alat ukur suhu udara di permukaan yang diamati setiap jam pengamatan, Dari 2 thermometer ini dapat kita ketahui data RH dan TD.Perawatan Thermometer Bola Basah-Bola Kering:
  • Pemeriksaan harus dilakukan secara periodik minimal 1 bulan sekali.
  • Hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan Psychrometer Bola kering-Bola Basah adalah Bulb thermometer yang harus selalu bersih dari debu, kotoran, lumut atau kapur. Perawatannya dengan cara mengelap/mengikir menggunakan lap bersih/ pisau kater.
  • Kain muslin dipasang 2 cm diatas wet-bulb thermometer (diameter bulb adalah 1 cm).
  • Kain muslin yang harus diganti bila telah kotor, lapuk, berlumut/ berkapur.
                                                                       
Thermometer Maksimum
Thermometer Maksimum berfungsi untuk mengukur suhu maksimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 12:00UTC atau jam 19:00WIB.
Hasil baca suhu maksimum harus lebih tinggi atau serendah-rendahnya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari thermometer bola kering yang tertinggi pada hari yang bersangkutan.Pengamatan suhu udara maksimum :
  • Baca thermometer maksimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat,
  • Setelah dibaca, keluarkan thermometer dengan hati-hati,
  • Pegang bagian ujungnya dengan baik dimana bagian bolanya ada dibawah,
  • Ayun/ Dikibas-kibaskan thermometer tsb berulang-ulang dengan lengan tetap lurus sampai air raksa yang terputus tersambung kembali dengan sempurna,
  • Kembalikan thermometer maksimum tsb ketempatnya semula dengan hati-hati,
  • pada saat mengembalikan, Thermometer maksimum harus dipegang dangan dua tangan sedikit miring dengan bagian bolanya lebih rendah dan bagian bolanya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian ujung tabungnya,

Thermometer Minimum
Thermometer Minimum berfungsi untuk mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00UTC atau jam 07:00WIB.
Hasil baca suhu minimum harus lebih randah atau setinggi-tingginya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari thermometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan.Pengamatan suhu udara minimum :
  • Pada pengamatan suhu minimum skala yang dibaca adalah skala yang ditunjuk oleh ujung indeks yang terletak lebih jauh dari bola thermometer,
  • Baca thermometer minimum dengan cepat dan cermat sampai persepuluh derajat terdekat,
  • Setelah dibaca, keluarkan thermometer dengan hati-hati,
  • Pegang termometer dan miringkan denga bolanya berada lebih tinggi agar indeksnya meluncur kebawah sampai berhenti menempel pada minikus(alkohol),
  • Kembalikan thermometer maksimum tsb ketempatnya semula dengan hati-hati,
  • pada saat mengembalikan, Thermometer minimum harus dipegang dangan dua tangan sedikit miring dengan letak bolanya lebih tinggi dan bagian ujungnya diletakkan terlebih dahulu kemudian baru bagian bolanya diletakkan dengan hata-hati agar ujung indeks tetap menempel pada minikus.
Hair hidrograf/higrometer bekerja dengan prinsip kelembaban nisbi udara yang bekerja berdasarkan atas perubahan panjang bahan higroskopis jika menyerap dan menguapkan air. Bahan higroskopis yang banyak digunakan adalah rambut manusia yang telah dibersihkan dari debu, minyak dan lemak. Alat ini meskipun kurang teliti (memiliki ketelitian 3%) namun banyak digunakan secara luas, akan tetapi sebelum digunakan harus ditera terlebih dahulu dengan psikrometer. Rambut akan memanjang apabila sel-selnya terisi dengan air, dan sebaliknya apabila jumlah uap air pada rambut berkurang maka rambut akan menyusut. Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur kelembaban dalam ruangan. Pergerakan memanjang dan memendek pada rambut dapat dilihat pada panel skala yang telah dikalibrasi dalam satuan persen. Jadi dengan penggunaan alat ini dapat secara langsung diketahui kelembaban udara pada waktu itu.
Cara kerja termometer maximum adalah bila suhu naik, air raksa akan mengembang tetapi bila suhunya kemudian turun air raksa tidak bisa kembali pada bola air raksa karena adanya penyempitan leher sehingga yang terukur adalah temperatur maksimum saja. Untuk mengmbalikan posisi air raksa kembali, termometer harus dikibaskan dengan kuat. Termometer ini dipasang pada sangkar dan diletakkan mendatar agak miring 2o ke atas. Pada tabung gelasnya dibuat penyempitan pembuluh.Kegunaan Termmeter minimun hanya mengukur temperatur minimum yang diukur di dalam gelas termometer dan diindikasikan dengan posisi index yang bergerak karena adanya gesekan tegangan permukaan antara gas dan alkohol. Apabila suhu naik, maka alkohol akan mengembang dan menggerakkan index pada posisi minimum. Cara meletakkan termometer minimum adalah mendatar .














Kesimpulan:

Psikrometer standart merupakan alat pengukur kelembaban udara yang terdiri dari dua buah  thermometer air raksa yang dipasang berdampingan.Salah satu bola thermometer terbuka disebut thermometer bola kering dan yang lainnya bola thermometer dibungkus dengan kain kasa.
Thermometer bola kering akan menunjukkan suhu udara, sedangkan pada thermometer bola basah harus menguapkan air dulu.Oleh karena untuk menguapkan air tersebut dibutuhkan panas yang diserap dari bola basah sehingga suhu yang ditunjukkan oleh thermometer bola basah menjadi lebih rendah dari thermometer bola kering.
            Termohigrograf merupakan kombinasi dari termograf dan higrograf yang menggunakan selembar pias dengan dua skala.Pada alat ini terdapat dua sensor yaitu sensor bimetal dan sensor rambut.Bimetal adalah gabungan dari dua macam logam yang berbeda koefisien muainya sehingga apabila terpanaskan akan berubah bentuk (melengkung).
            Thermometer Minimum berfungsi untuk mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00UTC atau jam 07:00WIB.
Hasil baca suhu minimum harus lebih randah atau setinggi-tingginya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari thermometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan.
            Thermometer Minimum berfungsi untuk mengukur suhu minimum yang terjadi dalam 1 hari dan diamati setiap jam 00:00UTC atau jam 07:00WIB.
Hasil baca suhu minimum harus lebih randah atau setinggi-tingginya sama dengan suhu udara hasil pembacaan dari thermometer bola kering yang terendah pada hari yang bersangkutan.
            Hair hidrograf/higrometer bekerja dengan prinsip kelembaban nisbi udara yang bekerja berdasarkan atas perubahan panjang bahan higroskopis jika menyerap dan menguapkan air. Bahan higroskopis yang banyak digunakan adalah rambut manusia yang telah dibersihkan dari debu, minyak dan lemak

           


Daftar Pustaka:

Penuntun Praktikum Agroklimatologi, Laboratorium Pertanian, Fakultas 
            Pertanian,Universitas Jambi,.
Prawirowardoyo, Susilo. 1996.Meteorologi . Penerbit ITB: Bandung
Sudira, Putu, 1999, Handout Klimatologi, Universitas Gadjah Mada :
Yogyakarta.
Sudyastuti, Tri, 1999. Handout Klimatologi. FTP UGM.
Tjasyono, Bayong, 2004, Klimatologi umum, Institut Teknologi Bandung













Laporan Praktikum

"Kelembaban Udara"





DISUSUN OLEH:

RISNAULI SIJABAT
D1A009027
AGROEKOTEKNOLOGI
A1



FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS JAMBI
2010-2011

Komentar